Wednesday, January 8

Pentingnya PLOT dalam menentukan jenis tulisan

Share:
Gue baru aja selesai wisata blog, berkeliling dunia maya mencari kebahagiaan untuk melengkapi ilmu yang ada dan akhirnya gue nemu postingan kece ini dari wordpress om billy koesoemadinata.

Makasih buat ilmunya om Billy kosoemadinata

 

Bukan cuma itu aja, gue juga pengen ngebagi ilmu yang gue dapat buat blogger sekalian, tapi dengan bahasa gue sendiri, kali ini gue minta maaf sekaligus minta izin ama om billy karna pengen ngerubah sedikit postingan om..

Berikut postingan om billy yang habis gue edit pake bahasa gue sendiri. emang vicky prasetyo aja punya bahasa sendiri? gue juga punya keleuuuuuusss..

PLOT
Seringkali ide yang menarik buat dikembangin jadi sebuah tulisan muncul gitu aja. Kemudian, setelah lu dapet pun ide itu perlu lu kembangin lagi jadi beberapa pokok pikiran, dan saat itu pula lu udah bisa mulai nulis. Tapi, mungkin gak semudah itu?

Ada satu langkah yang baiknya lu lakuin sebelum lu nulis. nyiapin pensil? iya, tapi menurut gue itu masih kurang tepat. ada langkah yang perlu banget lu lakuin, yaitu lu mesti buat rangkaian ide yang bakalan lu tumpahin dalam bentuk tulisan. Bahasa resminya itu plot, ato biasa disebut alur. Keberadaannya cukup penting karena plot/alur ini bakal jadi benang merah dari tulisan lu. bahkan kalo lu lagi dilanda kemacetan ato stuck, dan lu ninggalin tulisan lu sementara buat nyari aer biar bisa nyambung hidup, lu masih punya panduan buat nyelsaiin tulisan lu itu.

Setiap jenis tulisan tentu perlu alur atopun plot. Fiksi maupun nonfiksi, cerita atopun panduan, sampe biografi atopun buku laporan peristiwa. Tiap tulisan itu pasti perlu sekaligus menggunakan alur ato plot. Tapi, setiap jenis tulisan itu punya plot yang berbeda2, tergantung ama penulisnya pengen membangun impresi para pembaca melalui tulisannya.

SUSUNAN PLOT
Udah pada tau kan arti plot dan peranan plot dalam sebuah tulisan?

Sebelum gue lanjutin lebih jauh dan nentuin plot tulisan, ada baiknya lu kenalan dulu ama susunan plot ini. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan ketika nanti lu harus ngebuat plot yang diterjemahkan ke dalam runutan ide topik, atopun ketika memilih urutan plot. Ya, menurut gue proses nulis itu emang cukup rumit juga. Tapi kalo lu sering2 nulis dan praktek nantinya lu gak bakal ngerasa sulit kok!

Umumnya, plot memiliki 6 unsur utama yang jadi penyusun plot:
  • Perkenalan, 
  • Pemunculan masalah, 
  • Konflik, 
  • Klimaks, 
  • Antiklimaks, dan yang terakhir 
  • Penyelesaian atau Kesimpulan.
Keenam unsur itulah yang bakalan jadi susunan utama plot. Tanpa salah satunya, tulisan lu akan terasa janggal dikarenakan ada salah satu unsurnya yang hilang.

Tapi, kalo lu emang sengaja buat tulisan lu jadi menggantung, maka lu gak perlu mengkhawatirkan unsur yang hilang itu. Walau begitu, berusahalah buat tulisan lu jadi lebih lengkap ketimbang membuat tulisan yang gak sempurna.

Balik lagi keenam unsur penyusun plot yang tadi.

Lu udah siap ngebeda keenam unsurnya? yaudah, mari kita mulai..

Perkenalan
Perkenalan biasanya merupakan awalan dari tulisan yang lu tulis. sesuai ama namanya, perkenalan itu isinya pembukaan dari tulisan yang menyangkut topik apa yang akan lu bahas dalam tulisan lu. Dalam tulisan fiksi, perkenalan itu kayak dimana saat lu ngenalin semua tokoh2 yang ada dalam tulisan elu, sementara dalam tulisan nonfiksi, berupa ocehan pembuka pada tulisan yang lu tulis. sampe disini udah ngerti? kalo udah ngerti, lanjut lagi coy..

Pemunculan masalah
Pemunculan masalah adalah tahapan selanjutnya setelah Perkenalan (iya, gue tau kalo lu udah pada tau). Dalam tulisan seringkali lu nemuin dimana keberadaan topik tulisan mulai dipertajam sehingga pembaca bisa tau maksud dan tujuan dari tulisan yang lu buat. Pada tulisan fiksi, pemunculan masalah biasanya berupa kejadian2 yang dialami ama tokoh dalam tulisan elu, sementara dalam tulisan nonfiksi berupa unsur2 pendukung topik yang dibahas dan bisa berupa contoh2 yang dikaitkan. Ketika topik mulai dikenali, maka kejadian selanjutnya dalam sebuah tulisan adalah lu mesti nentuin konflik apa aja yang ada dalam tulisan lu itu.

Nah, berikut penjelasan konflik dari om Billy..

Konflik
Konflik merupakan lontaran masalah yang pertama kali timbul sejak pertama kali tulisan dimulai. sampe disini ada yang mau nanya? (Cieee..) Seringkali, konflik pun dihadirkan agar tulisan menjadi lebih menarik dan menantang pembacanya untuk melanjutkan dan menyelesaikan bacaannya. (Baca: Biar orang lebih minat baca tulisan lu dan lebih bikin penasaran).

Klimaks
Klimaks adalah momen2 penting yang harus ada di dalam tulisan elu, di mana saat orang yang baca tulisan lu bisa mengalami pengalaman puncak emosi ataupun rasa ingin tahu yang paling tinggi. Setiap tulisan pasti memiliki puncak yang paling menjadi daya tarik dari tulisan tersebut. Entah itu situasi yang makin menegang seperti dalam tulisan fiksi, atopun perbandingan pendapat para ahli yang hadir dalam tulisan nonfiksi. Apapun bentuknya, klimaks haruslah memiliki unsur paling menarik dan paling “WAH” dibanding bagian2 lainnya.

Antiklimaks
Everything comes up, would comes down. Itulah hukum yang berlaku di dalam sebuah tulisan. Tensi, tensi, tensi!!!! disni bukan cuma manusia aja yang bisa punya tensi. Tapi tulisan juga punya yang namanya tensi.

Tensi yang terus dibangun melalui fase perkenalan hingga klimaks pun “harus” turun dengan adanya antiklimaks. Hal ini dimaksudkan biar tulisan lu jadi lebih “menyenangkan” bagi pembaca karena tak harus terus dirundung oleh hype/perasaan tegang dari tulisan yang lu buat. Antiklimaks juga dimaksudkan agar orang yang baca tulisan lu memiliki kesempatan untuk menarik napas sekaligus nunggu akan seperti apa akhir dari tulisan lu itu.

Penyelesaian
Ketika semua unsur dari plot tulisan udah muncul, maka penyelesaian adalah jalan yang paling baik. Begitu juga ketika hubungan yang selama ini elu jalanin dan udah gak bisa dipertahankan lagi, maka jalan satu2nya yang dibutuhkan adalah penyelesaian. Dengan membuat fase penyelesaian, tulisan bakalan jadi lengkap karena dapat berisikan kesimpulan pada tulisan nonfiksi maupun bagian akhir dari cerita fiksi yang bisa lu pilih apakah lu mau berakhir bahagia, sedih, atopun menggantung. Tapi ingat!! Kisah cinta lu yang nyata gak bisa dibuat indah segampang itu. kalo jelek, yaa jelek aja..

Tadi kan lu udah gue suguhin pengertian dan pentingnya plot dalam suatu tulisan trus gue juga udah suguhin 6 susunan plot, nah sekarang gue mau nyuguhin subpostingan gue yang terakhir..

MEMILIH JENIS PLOT
Berikut 3 macam alur yang paling utama dan dikenal serta sering digunakan oleh kebanyakan penulis:
  • Maju, 
  • mundur, serta 
  • campuran.
Ketiga jenis plot tersebut punya karakteristik masing2 yang dapat membangun setiap tulisan sehingga kelihatan lebih menarik bagi para pembacanya. You want more? kalo want, lanjut baca lagi deh..
Baiklah, gue masuk lagi dalam ruang bedah kata, dan yang sekarang pengen gue bedah adalah kepala temen lu yang doyan nikung. hahaha, gaklah.. gue pengen ngebedah apa saja 3 jenis plot yang selama ini sering digunain ama para penulis hebat jaman sekarang. yang pertama:

Plot maju
Plot maju adalah plot yang paling umum dan sering digunakan di setiap tulisan. plot ini punya ciri tulisan yang bergerak urut dari awal hingga akhir tulisan. Setiap bagian dari tulisan tertata dengan baik, sehingga pembaca tulisan pun gak bakal kehilangan setiap momen2 yang lu tulis. Runutan peristiwanya membuat impresi yang dibangun oleh penulis kayak mendaki gunung kemudian menuruninya kembali. Perkenalan, pemunculan masalah, konflik, klimaks, antiklimaks, penyelesaian adalah fase plot yang disusun secara urut dan tidak berloncatan. semua sesuai tatanan, ato gak melanggar aturan penulisan.

Plot mundur
Kebalikan dari plot maju, tentunya adalah plot mundur yang susunannya udah tentu merupakan saingan dari plot maju. Penyelesaian, antiklimaks, klimaks, konflik, pemunculan masalah, dan perkenalan sebagai urutan fase terbalik yang ngebuat tulisan jadi lebih “berbeda” karena tuturan cerita akan terbalik dengan diawali amanat atopun kesimpulan cerita terlebih dahulu, baru deh ketahuan masalah yang diakhiri dengan keterangan pelaku masalah yang ada di tulisan elu.

Tapi kalo plot mundur cukup buat lu bingung untuk diterapakan, namun plot maju pun gak terlalu menarik karena terlalu resmi, lu gak perlu sedih. ada pilihan kok. lu bisa pake plot campuran yang merupakan hasil paduan antara plot maju dan mundur. bukan berarti kalo lu nulis lu mesti maju mundur, nggak. Plot ini agak keren karena plot campuran ini bersifat fleksibel sehingga dapat membuat tulisan lu jadi lebih menarik.

Plot campuran
Plot campuran yang merupakan hasil paduan dari maju dan mundur ini, tentunya masih menggunakan 6 unsur penyusun plot. Meski demikian, susunannya dapat diganti dan disusun ulang tanpa berurutan. Namun, apapun awalnya penyelesaian akan tetap hadir di bagian belakang. Contohnya plot campuran antara lain konflik – pemunculan masalah – perkenalan – klimaks – antiklimaks – penyelesaian. ato lu juga mau yang antimainstrem lu bisa buat plot campuran lu sendiri yang mungkin penyelesainnya di tengah trus pemunculan masalahnya di akhir. itu semua terserah elu.

Namun kembali lagi, apa pun plot yang akan lu pilih sebagai panduan benang merah tulisan yang lu tulis, pastikanlah bagian2 tulisan terus menempel dengan plot sehingga ketika urutannya akan diputarbalik akan mudah dikerjakan. Selamat menulis, Selamat nge-Blog dan Salam unyu-unyuu.. ^^

No comments

Post a Comment

Makasih udah mau luangin waktunya buat baca postingan/kebegoan gue. Jangan lupa tinggalin jejak kalian, ya..

Without readers, this blog is nothing. Mwehehe. :))

Best regards, pejantannokturnal.

© 2012 - Pejantan Nokturnal's digital diary
Maira Gall