Friday, January 17

Modifikasi Cuaca

Share:
Sekarang Jakarta udah makin keren aja, baru2 ini ada berita yang bisa dibilang nggak terlalu heboh2 amat terdengar dari ibu kota bahwa cuaca udah bisa dimodifikasi.

Huh? Apa? Modifikasi cuaca?

Makin gile aja nih Jakarta, cuaca kok dimodifikasi??

Jangan tanya gue arti modifikasi cuaca itu apaan? Gue juga nggak tau artinya apaan..

Maaf yaa..

Okey, udah pada penasaran kan? Kalo penasaran lanjutin aja baca postingan gue kali ini. Moga aja kalian gak pada tersesat.

Ingat!! Modifikasi Cuaca bukan Modifikasi Cinta!

SELAMAT MEMBACA DAN SELAMAT TERSESAT!!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan kalo teknologi modifikasi cuaca telah berhasil mengurangi curah hujan di wilayah Ibu Kota.

"Memang tidak sampai 100 persen berkurang curah hujannya, hanya 30 persen saja. Akan tetapi, saya rasa ini pun sudah cukup membantu," kata Kepala Bidang Informatika Pengendalian BPBD DKI Edy Junaedi Harahap di Jakarta, Jumat. 

Menurut Edy, hari ini adalah puncak musim hujan dan hujan masih akan terus mengguyur Jakarta meski dalam intensitas lebih rendah. 

"Hari ini memang sudah puncaknya hujan. Setelah itu, intensitas hujan akan berangsur-angsur menurun sampai beberapa hari ke depan," ujar Edy. 

Mengenai akan datangnya aliran air dari Sungai Ciliwung yang meluap, dia memperkirakan delapan kelurahan akan terendam air. "Yang perlu diwaspadai saat ini adalah pintu air Depok karena sudah Siaga Dua dengan ketinggian air 280 cm. Kemungkinan, delapan kelurahan akan banjir nanti malam," tutur Edy. Dia mengungkapkan ketinggian muka air di Pintu Air Katulampa saat ini sudah menurun dari 180 cm atau Siaga Dua menjadi 140 cm atau Siaga Empat.

"Tadi siang merupakan puncak waspada pintu air Katulampa karena sudah Siaga Dua. Kita sempat khawatir airnya akan terus bertambah, tetapi ternyata malah turun. Ternyata teknologi modifikasi cuaca itu ada pengaruhnya terhadap Katulampa," ungkap Edy. Terkait genangan di Jakarta Utara, dia menilai itu adalah banjir rob akibat air pasang saat bulan purnama dan menyebutnya masih dalam batas wajar.

Wilayah yang dia perkirakan akan terdampak luapan Sungai Ciliwung adalah Kelurahan Cililitan, Cawang, Bidaracina, Kampung Melayu, Pejaten Timur, Pengadegan, Kebon Baru, dan Bukit Duri. 

Source: AntaraNews and OrbitnewS

2 comments

  1. Mudah-mudahan sampe akhir bulan feb ga banjir lagi nih jakarta..

    ditunggu gan kunjungannya di cyberblogsz.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin..
      Doanya cuma ampe akhir februari doang?

      Meluncur sob!!

      Delete

Makasih udah mau luangin waktunya buat baca postingan/kebegoan gue. Jangan lupa tinggalin jejak kalian, ya..

Without readers, this blog is nothing. Mwehehe. :))

Best regards, pejantannokturnal.

© 2012 - Pejantan Nokturnal's digital diary
Maira Gall